Selasa, 09 April 2013

Objek Wisata



Pantai Cimaja



Panorama pantai yang indah dan ombak yang besar membuat pantai ini menjadi tempat favorit bagi para peselancar. Banyak Surfer mancanegara yang datang ke Pantai Cimaja. Disini juga sering diadakan event surfing tingkat nasional. Panorama pantai yang indah dan ombak yang besar membuat pantai ini menjadi tempat favorit bagi para peselancar.

Kontur pantai yang berbeda dengan pantai pada umumnya, menjadikan Pantai Cimaja sebagai objek wisata pantai sangat menarik untuk dikunjungi. Di sepanjang pantai berhiaskan bebatuan kali yang berbentuk bulat.

Hampir setiap akhir pekan, antara Jumat hingga Minggu kawasan pantai ini selalu dipenuhi oleh peselancar dari luar negeri maupun nasional. Tidak hanya masyarakat sekitar atau atlet asal Jakarta dan Bandung, tetapi juga ekspatriat yang bekerja di sejumlah kota besar di tanah air dan yang langsung datang dari luar negeri menjajal gelombang Cimaja ini. Hal ini pula yang menjadikan Cimaja mengantongi predikat Bali-nya Sukabumi.

Pantai Citepus



Pantai berpasir ini selalu ramai di kunjungi wisata lokal yang mencari kehangatan laut selatan. Pada saat tertentu, penduduk setempat melakukan penangkapan ikan-ikan kecil untuk di ternakan di sungai yang ada di sekitar kampung. Pantai Citepus menjadi tempat utama kelangan muda untuk menikmati suasana alam yang menakjubkan.

Pantai Loji 



Salah satu pantai yang berdekatan dengan pantai Pelabuhan Ratu adalah pantai simpenan yang berada di pantai loji, Pelabuhan Ratu. Disana anda akan di manjakan dengan pantai yang eksotis yang di hiasi terumbu karang dan bukit yang mencolok ke pantai.

Pantai yang akan anda kunjungi yang berada di pantai loji adalah salah satunya pantai cipunanga. jika anda telusuri sepajang pantai ini anda akan menemui banyak karang-karang, mulai dari karang yang paling kecil sampai karang yang besar sekali, Masyarakat setempat menyebutya dengan julukan karang perahu, karang merah dan karang bolong.

Pantai Karang Hawu



Karang hawu begitulah panggilan untuk pantai yang indah ini, bila anda jalan jalan ke Pelabuhan Ratu rasanya ada yang kurang bila tidak berkunjung ke pantai karang hawu, masyarakat setempat beranggapan bahwa lokasi ini dipercaya sebagai lokasi singgasana bagi Lara Kadita, putri Prabu Siliwangi, atau yang lebih populer dengan Nyi Roro Kidul. Persisnya dan singgasananya  terletak di atas bukit karang yang menjorok ke lautan lepas Samudra Hindia.

Bila anda berkunjung kesana anda akan melihat tebing yang menjorok ke laut, dan banyak karang berlubang dibawahnya, sehingga masyarakat setempat memberikan nama pantai karang hawu, pantai yang jernih dan sejuk cocok buat anda yang ingin menghilangkan rasa penat di dada untuk  berdiam diri disana sambil menghirup udara segar.

Pesona alam pantai Karanghawu dengan debur ombaknya saat membentur tebing dan akan merasakan ada tantangan untuk Anda nikmati. Selain itu, Pantai Karanghawu menawarkan panorama alam yang sangat eksotik, dengan udaranya yang sejuk, karang-karang yang memagari pantai, serta hamparan pasirnya yang luas dan lembut. Berbagai aktivitas dapat Anda lakukan di sini, seperti berenang dan memancing yang sering dilakukan setiap pagi dan menjelang sore, serta aktivitas berselancar.

Pantai Ujung Genteng


Ujung Genteng menyajikan simfoni alam yang menentramkan dan melerai segala kepenatan. Sapalah keindahannya dalam kombinasi debur ombak dan spektrum langit dan laut yang beradu biru. Lokasi Pantai Ujung Genteng berada di wilayah Pantai Pangumbahan, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi dengan jarak tempuh sekitar 220 km dari Jakarta dan 230 km dari Kota Bandung, serta 120 km dari kota Sukabumi.  Selain jalannya cukup mulus juga terdapat beberapa jalur alternatif serta sarana angkutan umum yang memadai menuju tempat tujuan.

Ujung Genteng letaknya memang cukup jauh tetapi keindahannya sungguh lengkap hingga membuatnya begitu dekat dengan hati Anda. Butuh kesabaran untuk sampai ke tempat ini. Sebelum sampai garis pantainya, Anda harus melalui jalan berkelok-kelok namun ketika kaki menginjak garis pantainya maka riak ombak Samudera Hindia akan membuat Anda melupakan kelelahan. Karang-karang yang terhampar luas bersama pasir putih yang menyilaukan mata membuat hati terpesona kemolekannya.

Di sinilah Anda akan menikmati jernihnya air laut dan pantai yang bersih. Di pantai ini pula Anda bisa ikut nelayan menangkap lobster. Walaupun menghadap ke Samudera Hindia namun ombaknya yang besar tak membahayakan karena lebih dulu pecah berserak terhalang gugusan karang laut di depan bibir pantai. Tempat ini akan memanjakan Anda dengan alam dengan pantai yang indah, aman, dan nyaman.



Pantai Cibangban

 
Obyek wisata ini terletak kurang lebih 10 Km setelah Inna Samudera Beach Hotel. Parkiran nyaman dan di tempat ini pengunjung bisa bakar bakar ikan. Pemandangan laut dihiasi dengan kapal nelayan yang terapung apung di lepas pantai.

Pemandian Air Panas Cipanas


Lokasinya berada di Desa Cisolok, Kecamatan Cisolok. Air Panas Cipanas memiliki keunikan berupa keluarnya air panas dari dalam bebatuan. Selain itu, Anda dapat berendam di kolam air panas setempat yang konon dipercaya bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit. Datang dan buktikan sendiri keunikan dan khasiat air panas ini.

Vihara Nam Hai Kwan Se Im Pu Sa (Dewi Kwan Im)


Vihara Nam Hai Kwan Se Im Pu Sa ini terletak disebuah desa kecil bernama Kertajaya atau Loji Kecamatan Simpenan Pelabuhan Ratu Kabupaten Sukabumi. Lokasinya yang terbilang jauh dari pusat kota Pelabuhan Ratu yakni kurang lebih 8 Km, serta akses jalan yang jelek mengakibatkan lokasi ini belum begitu dikenal dan diberdayakan secara maksimal oleh pemerintah daerah Pelabuhan Ratu, meskipun pada kenyataannya hari libur tahun kemarin terdapat beberapa portal penagihan karcis dadakan bagi wisatawan yang akan berkunjung ke lokasi Vihara Nam Hai Kwan Se Im Pu Sa ini.

Disepanjang jalan menuju Vihara Nam Hai Kwan Se Im Pu Sa anda akan melewati beberapa pantai yang indah, diantaranya adalah pantai Cipunaga. Ada yang menarik dari Pantai ini, yakni terdapat banyak karang - karang besar yang memiliki nama tersendiri seperti karang kecil, karang besar, karang perahu, karang bolong, dan karang merah. Tak heran apabila Pantai ini kerap dijadikan lokasi berfoto untuk Prewedding dan lain sebagainya, mengingat kondisi pantainya yang indah dan jauh lebih bersih dari pantai - pantai lain di Pelabuhan Ratu.

Berdiri diatas sebuah bukit landai yang menghadap langsung ke Laut lepas, Vihara Nam Hai Kwan Se Im Pu Sa ini akan menjadi tempat yang cocok untuk menyegarkan fikiran disela - sela kepenatan rutinitas kerja.

Berbeda dengan lokasi - lokasi pariwisata lain di Pelabuhan Ratu, Vihara Nam Hai Kwan Se Im Pu Sa ini belum begitu ramai serta sangat sejuk dan nyaman.

Ketika memasuki gerbang Vihara Nam Hai Kwan Se Im Pu Sa, terdapat dua buah naga berkepala tujuh. Dibagian puncak dari kuil ini terdapat patung dewi kwan in, dan dari sinilah anda akan mendapatkan the best view untuk dapat melihat hamparan laut biru yang luas nan indah menawan tanpa ada penghalang sedikitpun.

Goa Lalay



Siapa yang tidak kenal sebuah gua wisata dengan jutaan kelelawar yang hidup di dalamnya. Lokasi yang dekat dengan tempat wisata Pelabuhan Ratu ini menyimpan berbagai keunikan tersendiri. Sejak tahun 1937, Gua Lalay telah menjadi catatan tersendiri bagi para ilmuwan Belanda waktu itu. Sebuah kunjungan ilmiah pernah dilakukan di lokasi gua ini tepatnya 7 November 1937. Sedangkan gambar di Gua Lalay tersebut di publikasi tahun 1938 dalam sebuah jurnal de Tropische Natuur. Jaman dulu, Pelabuhan ratu lebih dikenal dengan Wijnkoopsbaai dan dalam kunjungan ilmiah waktu itu lebih banyak mengupas vegetasi di sekitar kawasn tersebut.

Barisan ratusan ribu kelelawar yang meliuk-liuk, menyerupai “awan hidup” yang keluar dari Gua Lalai, merupakan atraksi yang sangat menarik di waktu sore hari.



Taman Nasional Gunung Halimun merupakan perwakilan tipe ekosistem hutan hujan dataran rendah, hutan sub-montana dan hutan montana di Jawa. Hampir seluruh hutan di taman nasional ini berada di dataran pegunungan dengan beberapa sungai dan air terjun, yang merupakan perlindungan fungsi hidrologis di Kabupaten Bogor, Lebak, dan Sukabumi.

Taman Nasional Gunung Halimun merupakan tempat pariwisata alam yang sangat menarik, karena beragamnya obyek dan daya tarik wisata alam yang dimilikinya. Keheningan hutan yang terkadang terdengar suara kicauan burung dan satwa lainnya, merupakan obyek pengamatan hidupan liar yang menarik. Taman nasional ini memiliki fasilitas canopy trail untuk berjalan dari pohon ke pohon, mengamati kehidupan burung dan satwa liar lainnya yang tinggal di tajuk pohon.

Keindahan alam dengan kehidupan liar, gemuruh air terjun dan gemericik aliran sungai kecil yang jernih; kesemuanya merupakan peristiwa alam yang dapat memberi pengalaman yang mungkin tidak akan terlupakan terutama bagi wisatawan dari kota-kota besar. 



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar