Selasa, 09 April 2013

Berita

Mengenal Bandar Ikan Segar Sukabumi

VITAMIN TINGGI:Seorang pegawai sedang membereskan ikan-ikan segar yang siap jual. FOTO/WIDI/RADAR SUKABUMI

VITAMIN TINGGI:Seorang pegawai sedang membereskan ikan-ikan segar yang siap jual. FOTO/WIDI/RADAR SUKABUMI

Sukses jadi Bandar Ikan Basah meski Konsumsi Ikan Warga Minim

Menjadi seorang bandar ikan segar memang tidak bisa dipandang sebelah mata, meski harus hidup bercampur dengan bau amis yang tidak sedap. Kondisi ini tak membuat warga asal Limusnunggal Cibereum Kota Sukabumi ini merasa minder atau malu dengan profesinya sebagai seorang bandar ikan basah, dari kegigihan dan juga rasa baktinya kepada orang tua untuk meneruskan usahanya itu, kini Eep sukses dengan usahanya sebagai bandar ikan segar.

Laporan : Widi Fitria- Sukabumi

Rasa ingin menunjukan baktinya terhadap sang ayah, membuat Eep berusaha keras untuk bisa mempertahankan usaha keluarganya ini, yang sudah berdiri kokoh di tahun 80an tersebut. Bermula hanya sebagai pengrajin ikan asin tongkol dan ikan asin lainnya, kini Eep sukses menjadi seorang bandar ikan basah seperti tongkol dan bandeng, untuk dijual kembali ke para pengrajin ikan asin tongkol yang tak jauh dari kawasan rumahnya.

“Dulu sempat menjadi seorang pengrajin ikan tongkol asin, namun karena waktu itu harga bahan baku untuk membuat ikan tongkol sedang naik, akhirnya saya pun hanya menjual bahan bakunya saja,” ujar Eep kepada Radar Sukabumi, kemarin (8/04).

Dalam sekali pengiriman, sekiranya ia membutuhkan 1 ton ikan segar yang dipasok dari Jakarta. Untuk satu kilonya ia jual sekitar Rp10-Rp12 ribu/kg, tak heran jika usahanya ini terbilang cukup sukses.

“Yah lumayanlah hasilnya untuk menghidupi kebutuhan keluarga,” ujar pria yang tak mau menyebutkan berapa jumlah omsetnya itu.

Meski saat ini bisnisnya terbilang cukup sukses. Namun, saat ini warga Sukabumi yang mengkonsumsi ikan segar masih sangat kurang. Menurutnya tingkat konsumsi ikan laut masih dibawah konsumsi daging ayam.
“Sampai sekarang kebutuhan ikan untuk Kota Sukabumi masih sangat kurang, padahal dari segi vitamin ikan laut sangat unggul dan harganya pun cukup terjangkau,”keluhnya.

Untuk itu, ia pun berharap adanya himbauan dari pemerintah kepada masyarakatnnya akan manfaat mengkonsumsi ikan ini, supaya masyarakat khususnya warga Sukabumi gemar makan ikan. (*)

Sumber : radarsukabumi.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar